Sunday, June 15, 2008

Si Muka Komik

Jek adalah sosok yang unik. aku senang menjulukinya "si muka komik".

dia punya mata yang besar, dan mata itu sangat ekspresif. mata yang begitu intens bersekutu dengan perasaannya yang sensitif. apa pun yang ia rasakan, tercetak jelas pada mata itu, tanpa ada satu apa pun yang dapat menutupinya.

mata dan perasaannya punya kawan sekutu lain. itu adalah bibirnya.
maka, melihat wajahnya yang bulat itu, seperti membaca buku cerita anak TK, yang memaparkan kisah secara sederhana sehingga mudah sangat memahaminya.

persekutuan antara perasaan, mata dan bibir itu, membuat ia punya 1.000 ekspresi yang luarrrr biasa. (nyadar nggak sih lo jek kalo punya muka kayak gitu?!). itulah mengapa aku juluki ia si muka komik. (walau mungkin gak terlalu nyambung ya...)

kadang-kadang aku merasa, ada begitu banyak hal yang selalu berseliweran di dalam pikirannya. ia seolah asyik dengan dunia otaknya sendiri, berdialog dengan hatinya sendiri. bahkan saat berada di tengah orang banyak yang sedang riuh rendah membicarakan sesuatu hal, ia selalu tampak penuh pemikiran. tapi begitu namanya disebut untuk terlibat dalam pembicaraan, dia akan tersentak dengan wajah "kaget" yang sangat terlihat jelas (huaaaahahahahahahahahah...!)

sensitivitas perasaan yang tinggi dan semua pemikiran-pemikiran itu memang tak ia simpan sendiri. cobalah buka blognya (salah satunya ada di link, blognya zaka). di sana semua yang berseliweran di dalam otak dan benaknya ia curahkan. (blog lo banyak man! sampe gue bingung kemaren baca tulisan ttg hal A di blog lo yang X atau yang Y atau yang Z...).

perlu waktu yang cukup panjang untuk mencerna makna pemikirannya. secara dia pemikir, tulisan-tulisannya sarat perenungan dan perumpamaan. (jangan-jangan emang gue yang bloon aja ya...). from deep of my heart... tulisan lo keren. sumpah!


sebagai arsitek, wajar jika dia bisa gambar. tapi jek tak hanya bisa, tapi ia sangat cinta dengan menggambar, melukis, membuat sket, dsb. Di tengah rapat, saat orang-orang sibuk menyimak jalannya meeting dan mencatat hal-hal yang perlu dicatat (kayak jaman kuliah ya... atau jaman SD??) dia sangat sibuk juga mencorat coret buku kerjanya. yang berbeda, kesibukannya adalah membuat sket wajah kami satu per satu!

oh jeeeekkk
aku dengan senang hati selalu menjadi kritikus dari sket-sketmu. karena sket-sket yang kau buat selalu penuh dengan kejutan. aku dengan senang hati juga selalu jadi pemesan pertama untuk dibuatkan sket. untunglah ada jek sehingga acara rapat bulanan kita yang sangat memuakkkkkkan jadi sedikit menyenangkan.


penasaran, seperti apa sket-sket karyanya? nih, aku kasih lihat dua sket favoritku hasil coretannya di tengah rapat.



sket 1: aku dengan jaket tebal yang biasa aku pakai di kantor. lihatlah bentuk alis dan garis matanya... gue bangetttt. melihat sket ini, walau sudah berulang-ulang, selalu sukses membuatku tersenyum lucu. hehehehehhehehehehhehhe



sket 2: Baru dibuat bulan mei lalu. aku dengan bentuk mulut, mata, sampai kuncir rambut yang digambar begitu detail. melihat gambar ini, mengingatkanku pada gambar di buku little house on the prairie karya laura ingalls. tau nggak, salah satu cita-cita gue waktu kecil adalah laura ingalls wanna be! akhirnya kesampean juga.... setidaknya dalam bentuk sket. suatu saat nanti, kalau gue bikin buku cerita anak, gue berharap bisa bekerjasama dengannya.

aku dengan senang hati menjadi penggemarmu: penggemar desain-desain bangunan dan ruangmu, penggemar lukisan2 abstrakmu, penggemar pemikiran-pemikiranmu, penggemar lagu dan musik ciptaanmu, penggemar sket-sketmu, penggemar 1.000 ekspresimu...

rasanya ingin cepat-cepat melihat si junior-mu hadir di dunia ini.
ingin cepat mengetahui, kekayaan apa lagi yang akan bertambah pada dirimu dengan kehadiran si junior yang sudah kau tunggu-tunggu itu.....

5 comments:

Private! said...

wekekekekek....poto gwe neh....tolong disimpan bae bae yak.. sapa tau nanti suatu saat sebelum kiamat harganya jadi berlipat... wekekekekek

Titik Kartitiani said...

aku suka mampir ke sini kalo ingin tersenyum.aku suka sketsa yg ada sanggulnya. dan aku setuju dengan mbak dewi...jek mmg rumit dan misterius.dulu aku suka ngobrol dgnya.tp akhir2 ini jarang,mgkin kami sibuk masing2.Padahal aku masih kangen dengan khayalan kreatif itu...Tapi satu yang saya inget banget ttg cerita dia..tanyain deh mbak ttg lari pagi dan susu warna pink, beserta mawar berduri yang nyelip di balik kaos.jek pasti ingat.
Sekali2..aku pengin liat di blog ini ttg aku..mungkin ga ya hehehe

dewi sajja said...

jek, si muka komik gue :), poto lo akan aman sentosa di sini. dia akan bae-bae selalu. btw, gue masih nunggu sket-sket yg laen yang lebih seru.

titikartitiani, si mbok, hehehe... dirimu akan kutulis juga suatu saat nanti. tunggulah waktunya akan tiba. rajin2 aja buka blok gue ya...

dewi sajja said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

ya ampunn..gak percaya gw baca blog yg ngulas masalah jek? haha...ada apa dengan jek? bermasalahkah dia? masalahnya, bagi gw, kadang gw suka gak mudeng diajak ngobrol ama dia. entah gw nya yang tulalit atawa dianya yg elmunya ude jauh. tapi intinya sih, ternyata masalahnya ada di gw, tulalit kl dah ngobrol hahaha. tapi seru, ngobrol ama jek seru. ngebahas A, akan beranak pinak jadi a1, a2, a3, a1.1, a1.2a...banyak deh hehe...miss chatting with you jek jon hehe...buat mbak dewi? gw baru tau mbak dewi punya blog hehe...glad to find it!