Wednesday, April 23, 2008

21 April 2008

Lagi tidur enak-enak (enak banget deh, karena lagi mimpi bagus) tiba-tiba gue dikagetkan suara “TEET… TEEEETTT…” yang heboh banget. Seperti ada yang menampar pipi gue, gue langsung melek. Clingak-clinguk bentar, trus lompat dari ranjang begitu ngéh itu suara bel pintu.

Refleks kulirik jam di atas rak buku. Mampus gue, udah jam 8.35! Suara TEETT… TEEETTTT… itu masih menjerit-jerit. Gue terjang pintu kamar tidur, gue seruduk pintu samping, dan lari-lari menuju pintu gerbang.

Di seberang pintu gerbang yang tergembok, menyembul dua wajah manusia. Satu wajah emak gue tercinta. Dan satu lagi wajah jerawatan si anak bontot, adek gue yang bengal. Pasti anak sok keren itu yang mencet-mencet bel kayak orang kesurupan. Si Bontot emang seneng banget mainin bel. Kayak anak udik yang primitive. Walaupun kita orang Betawi, gak mesti primitive segitunya kale… cukup Mandra aja!

Salah satu bentuk "penyiksaan" yang kita lakukan di ulang tahun Pak We. Inget nggak, pengumuman ultah Pak We, pake ditempel di atas mesin absen? Hu hu hu... ancuuurrr!!

Dengan mata setengah riyep-riyep karena masih kaget antara kondisi tidur dan kondisi melek mendadak yang langsung terpapar sinar terang, kubuka gembok pintu gerbang. Gara-gara semalam browsing materi sambil chatting sama orang-orang gila, gue baru tidur jam 2 pagi. Dan hasilnya sekarang: harus menyambut kehadiran emak gue tersayang dengan kondisi begini.

Malu banget sama emak waktu buka pintu gerbang ketahuan bangun siang. Di tangannya ada dua tentengan yang langsung disodorkan ke tanganku, setelah sukses menarik wajah gue dan menyurukkan bibirnya ke pipi gue yang mengkilap. (iyalah, muka gue mana sempet di-touch up dulu!)

“Selamat ulang tahun anak mama yang cantik!” (Eh, sumpah ya.. bukannya narsis. Emak gue emang bilang gitu. Gak gue kurang-kurangin).

Dengan sedih gue harus mengakui, bahwa kenyataannya pagi ini gue gak cantik sama sekali. Bahkan agak enak diliat dikit, juga enggak kale. Tapi dari dulu emak gue emang gitu, kebiasaan manggil gue gitu. Mo gue beneran cantik kek, enggak kek. Dia ga peduli. Emak guweeee…

Kondisi gue pagi ini, sejujurnya adalah sebagai berikut:
Muka kayak pertambangan minyak. Rambut yang mulai panjang, riap-riapan kayak hantu. Belum lagi pakaian tidur gue, pasti udah gak jelas bentuknya.

Sejurus kemudian gue sadar. What did you say, Mom? Happy birthday?? Ya ampuun… bener. Hari ini jarig gue.

Malu-malu aku lap kilap di wajahku dengan leher baju tidur. “Aku bangun kesiangan karena semalem baru tidur jam 2. Lagian juga lagi eM, Maa…” (Tau kan what is the maksud of “eM” itu? Daripada emak gue ngomel-ngomel karena curiga gue males solat subuh, mending gue jelasin duluan kondisi sebenarnya).

Ternyata emak terkasih belum selesai dengan omongannya. “Semoga sehat selalu, murah rezeki, ingat terus sama Allah, rendah hati, bahagia, dan segera … bla..bla..bla (gak perlu gue tulis detail isi doa dan wejangan emak gue yaa. Pasti udah pada paham lah terusan kalimatnya).

Gue menyambut doa emak tersayang dengan kata “amin” yang panjang dan khidmat. Serius..! Gak boong gue…

Mataku melirik si Bengal yang berdiri sambil nyengir di samping emak. “Selamat ulang tahun, Kak!” katanya sambil cium tangan gue. Eeh.. secara gue orang Betawi, cium tangan sama yang tuaan itu kudu'. Nggak cuma pas Lebaran aja. Nggak perlu terpukau gitu dong.

Emak tercinta gue, datang membawa hadiah special buat gue (isinya rahasia. Tapi gue suka banget. Thx a lot, Mom! You are the best!) beserta sebungkus nasi uduk. Nasi uduk itu, tentu buat sarapan gue. Aduh Mom, aku kan harus jaga dietku. Gak mungkinlah sarapan nasi uduk lagi, seperti masa-masa aku SD sampai kuliah. Sekarang sarapanku cukup air putih, pepaya 2 potong, apel satu biji, dan pisang setandan.

Hehehe.. gak dink!

Hari ini sebenarnya gue berencana brangkat kantor pagi-pagi banget. Pertama, karena harus mengambil pesanan kue buat memuaskan jiwa-jiwa buas temen-temen gue di kantor yang gemar menyiksa orang yang berulang tahun (ampuuunnn… jangan pada cemberut gitu. Jelek, tau!). Dan kedua karena hari ini ada meeting jam 10, khusus membicarakan materi liputan Fokus dan by product yang kedua-duanya gue yang jadi PO. (Kenapa mesti gue sih?!!)
Dalam perencanaan yang sudah gue susun semalam, gue mau berangkat jam 8 pagi. Pada kenyataannya, apa daya, gue baru cabut dari rumah jam 9.20. HWaaaa…

Kesialan masih berlanjut. Supir taksi gue pake acara nyasar segala bawa gue sampai ke Daan Mogot. Padahal tempat gue ngambil kue itu di Komplek Green Ville yang sebenarnya nggak jauh-jauh amat dari kantor.

Jam 10.29 wib hp gue berbunyi. Wah, telepon dari si mister bos.

“Adha dhi manha?" Tanya si bos dengan aksen Jawanya yang medok, tanpa basa-basi.
“Di jalan,” jawab gue.
“Inget khan, raphat jham 10?”
“Iya, ini juga udah mo nyampe. Tadi ambil kue dulu.”
“Ambhil kue dhi manha?”
“Deket kantor kok.”
“Khamu ulang thahun ya hari inhi? Heiiiyyy… themen-themen! Adha yang ulang tahunnn niyy!!”


Ya elah… si bos ni nggak perhatian banget sama gue. Sluruh alam kayaknya tau deh kalo tanggal 21 April itu ulang tahun gue, cuma dia sendirian yang lupa (hehehe... Ge-eR banget gue!). Apa pura-pura lupa? Cieee…

Lewat hp, gue dengar suara sorak-sorak keji dan penuh napsu teman-teman buas gue di kantor. Gue tepok-tepok kotak kue di pangkuan. Untung makanan udah aman. Kalau enggak, abis deh gue.

Setelah menerima telepon dari si mister bos, gue lihat, hp udah penuh dengan sms dan missed call. Semua isi sms, pasti ngucapin selamat jarig. Smua missed call pun pasti demikian. Yang udah sms dan missed call, terimakasih banyak. Aku tahu kalian semua mencintai aku.

Yang bikin gue surprised, di antara sms itu, salah satunya ternyata berasal dari si mister bos. He..he..he.. ternyata… dia ingat juga ultah gue. Maappp, maapppp ya bos atas su’udzon gue tadi.

Gue lihat report-nya, masuk jam 7.15. Walaaah, gue masih dibuai mimpi dia udah ngirim sms. Gue segera pencet open dan baca isi pesannya dengan smangat sambil senyum-senyum girang:
Di sana tertulis:

TEMANS, RAPAT YAKS JAM 10

Gubrakkkk!! !!
Ya elah bossss…
Kirain....
Huuu…!

Para makhluk-makhluk di kantor, udah jingkrak-jingkrak aja lihat tentengan gue. Dan langsung tereak-tereak nyanyi heppi bersdey. Norak banget. Gue pengen banget tereak balik ke mereka: “Puassss?! Puasss????! (Hehehe… ini gue nggak serius sama sekali lo… canda doang...)

Mereka harus puas lah. Please… puas kan? Ngambilnya aja penuh perjuangan karena diiringi kesasar-sasar dan diintimidasi oleh telepon si mister bos. Secara harganya juga bikin kantong gue jebol di tanggal tua gini.
(kalo aja gue boleh memilih, gue pengen banget jarig gue jatuh pada tanggal gajian. Lagian ulang tahun tanggal 21 April bikin sengsara. Karena semua orang gampang ngingetinnya. Ditambah lagi nama gue pakai embel-embel nama pahlawan wanita yang jarig-nya sama ama gue itu. Komplet deh sengsara gue. Hu hu hu...)

Tapi suwer, rasa capek dan lelah gue ilang (Halah!) begitu liat tampang makhluk-makhluk itu begitu damai, tenang dan bahagiaaa menikmati makanan yang gue bawa. Berbondong-bondong mereka bermaksud nambah lagi, berdiri berjejal di pinggir meja tempat kue-kue itu diletakkan, padahal yang dipiring mereka aja belom abis. Dasar! Biasalah.. naluri hewaniah.

Sepotong kue kukirim ke lantai 2, untuk Monique. Sahabat gue, Jay, yang mengantarnya ke sana. Belum sampai 15 menit, masuk sms ke hp.

Wi, gila kue lo uenak bgt! Beli dimana?

Gue kirim jawaban:
Dapur Cokelat. Selamat menikmati

Masuk lagi sms:
Pantesan. Swear, enak banget. Thanks.

Berakhir juga penderitaan gue untuk hari ini. Besok gue bisa kembali menjadi bagian dari kelompok manusia-manusia yang siap mengganyang orang yang berulangtahun. ho ho ho senangnya.....

4 comments:

Anonymous said...

Morning 21 Apr, when I prepared go to work, I know that was Kartini's Day & my mind said, today is someone's birthday. Tp gw gak inget siapa yg ultah hr ini. Gw emang lemot utk nginget ultah temen2 gw, beside my family's birthday. Through the afternoon in my office, Jaenal sang OB muncul, sambil mendek2 (kelewat sopan), sambil nyerahin kotak kecil dia bilang "mbak Moniq, ini dari mbak Dewi". Spontan gw cuma jwb "oh, iya iya, thank u ya nal". Tetep masih blm kepikiran maksud kiriman itu.
Jaenal blm ilang dari pandangan, gw gak sabar buka tuh kotak. Ternyata, hhmmmmm it's a slice of chocolate cake & smell's good. Barulah gw 'ngeh, ternyata ibu Dewi Kartinilah yg ultah hari ini. Huhuhuhu.... maaf ya, wi. Jujur, gw emang lupa, HP gw yg reminder-nya berisi lengkap jadwal ultah2 org2 terdekat gw lagi error, so lagi diistirahatkan beberapa wkt. Jadilah gak ada yg remind gw kalo ibu Dewi jarig.
Thanks ya wi, a slice of cake, tapi bikin gw inget there is someone yg sehrsnya gw gak boleh lupa ultahnya.
Sambil makan tuh kue, pikiran gw sejenak melayang ke jaman2 kita kayak perangko sama amplop.
Ingatkah dirimu hal2 gila yg terjadi dgn kita? dari mulai pintu tangga darurat terkunci krn ganjelannya lepas, walhasil elo nyeker turun dari lt.5 ke lt.1 krn sendal lo itulah ganjelannya hahaha!! Sampai tragedi Retro/Crown Plaza? Wekekeeek
Betapa gak malunya kita sama umur ya, nek?!
Yo wis nek, gw gak bakat nulis panjang2, yg ada malah ngaco nih.
Komen gw stlh baca blog ini: You're such a great talented of journalist, tulisan lo simpel, padat & keren. Tersirat sosok lo yg ambisi, penuh semangat & empati terhadap org sekitar. It's a good balances.
Happy Birthday ya, wi. Keep a good work & always smile when you're in down.

ANgel frOm HeaVeN

Anonymous said...

Haiii Wik, elo emang Kartini banget deh! lahirnya pas hari Kartini n sekarang gua tahu banget elo sangat-sangat mandiri seperti Kartini. Saluuuuut...gua aja ampe sekarang masih belum bisa semandiri elo....(ai)

dewi sajja said...

ai.. apalah gue ini, cuma perempuan biasa yang juga punya segudang kelemahan. Lo juga mandiri banget kok neng.. cuma caranya aja yang beda.
Monique... moncer gue... bwaaahaha! kejadian di tangga darurat itu, cukup kita bedua aja yang tau (Janji ya!) Dugem boleh lah kapan-kapan dilakukan lagi. Emang sih kita berdua udah bener2 pada jadi anak baekk. Tapi sesekali kumat gapapa kalee....
Luv ya all!!

Anonymous said...

Terima kasih untuk hal-hal yang baik